Jumat, 13 November 2020

Roti sobek empuk dan lembut tanpa mixer

Roti sobek empuk tanpa mixer


Roti sobek empuk dan lembut tanpa mixer ini sangat praktis dan cocok buat kalian yang ga punya mixer tapi pengen buat roti sendiri di rumah. Jadi untuk mendapatkan roti yang empuk dan lembut sebenarnya yang terpenting adalah ragi. Sebelum membuat roti, pastikan terlebih dahulu ragi yang akan kita gunakan masih bagus (aktif).

Roti sobek empuk dan lembut tanpa mixer
Roti sobek by Rum's kitchen

Roti sobek paling cocok dijadikan sebagai menu sarapan ditemani secangkir teh atau kopi. Untuk roti sobek ini isinya aku pakai pasta kacang hijau sisa bikin roti teflon. Bisa diganti sesuai selera. Karena lagi buru-buru, di video cara membuat roti sobek ini aku pakai mixer tapi nanti di bawah aku tulis gimana cara atau tips ngulen pakai tangan. Untuk base adonan aku adopsi resepnya mba Lysa Tangkulung yah.
Takaran susunya aku kurangin karena ada susu bubuk dan ini cenderung membuat adonan menjadi lebih lengket.

Cara buat roti sobek tanpa mixer:

Kalau kalian buat roti sobek dengan resep ini sebaiknya pake tangan aja, dan masukin bahan cairnya bertahap. Ini tujuannya agar supaya kalian bisa mengukur sendiri tekstur adonannya jangan sampai terlalu lembek. Kalau ulen menggunakan tangan, raginya diaktifkan dulu pake susu hangat, diamkan kurang lebih 10 menit sampai raginya berbusa tanda raginya aktif dan siap digunakan. Campur tepung, gula, susu bubuk, telur dan whip cream. Setelah itu masukan ragi yg sudah aktif. Uleni setengah Kalis masukin mentega dan garam kemudian uleni lagi sampai adonan lembut, elastis dan ga lengket di tangan.

Resep roti sobek empuk dan lembut:

  • 300 gr Tepung terigu protein tinggi (aku pake Cakra)
  • 2 SDM susu bubuk
  • 4 SDM gula pasir
  • 26 ml whip cream cair
  • 2 butir kuning telur
  • 160 ml susu cair
  • 1/2 SDM garam
  • 1 SDM mentega/butter
Untuk filling atau isi roti disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau kalian pengen lihat gimana cara membuat roti sobek menggunakan mixer atau gimana cara aku bentuk rotinya, klik link video di bawah ini !


Happy Trying 💖




Tidak ada komentar:

Posting Komentar